Pengusaha Indonesia.Apk

Charlie Tjendapati, Sukses Bertani Kangkung Hidroponik


Pengusaha Indonesia 'Mari Berdikari Di Negeri Sendiri'
Hai P.I Lovers Selamat membaca, Salam Sukses !

Menjalani profesi sebagai petani tidak bisa dianggap remeh. Apabila dikelola dengan baik dan perencanaan matang bisa merup untung banyak. Buktinya, Charlie Tjendapati seorang petani kangkung hidroponik bisa medapat puluhan juta per bulan dari usahanya tersebut.



"Bertani bisa menjadi penunjang kehidupan, seperti aku bisa menunjang kehidupan keluarga dan orang lain. Balik lagi ke kangkung," tulis Charlie dalam akun Facebook miliknya.

Karena kesuksesannya bertani kangkung, mengutip laman money.co.id, Charlie kerap diundang untuk memberikan penyuluhan serta bertukar pengalaman cara bertani kangkung. Dia menjelaskan, saat ini memiliki 86.400 lubang tanam kangkung hidroponik.



Menurutnya, satu kilo kangkung ada 64 tanaman dalam 16 netpot. Biasanya isi net pot ada empat tanaman kangkung bahkan kadang ada lima atau enam. "Memang biaya investasi dan pengeluaran bulanan juga besar. Tapi tetap akan ada margin yang besar buat sang empunya," ucap dia.


Caranya dalam berhidroponik patut ditiru. Hidroponik ini menggunakan paralon ajah,karena kami cuma ahli melubangi paralon dan sesuai dengan kantong. Jumlah lubang tanam ada 86.400 lubang

Sekilo kangkung ada 64 tanaman dalam 16 netpot, berarti isi net pot ada 4 tanaman kangkung ( kadang 5 atau 6 ).Berarti jumlah panen ada sekira 86.400 : 16 = 5400 kg

Jika panen kangkung berumur 20 HST , maka setiap 10 hari akan dipanen sekira 2700 kg , dalam sebulan akan dipanen 8100 kg.



Harga kangkung Rp. 12.000 / kg , maka akan didapat pendapatan sekira 8100 kg x Rp. 12.000 = 97.200.000,- Fantastis!


Memang biaya investasi dan pengeluaran bulanan juga besar,tapi tetap akan ada margin yang besar buat sang empunya. Masih ada yang bilang jadi petani itu engga bisa sukses?



Share Artikel :

Tidak ada komentar