Nicholas Kurniawan, Sukses Dari Berbisnis Ikan Hias
Hai P.I Lovers Selamat membaca, Salam Sukses !
Akrab Dengan Kegagalan Sejak SD
Perkembangan Bisnis dan
Lahirnya Brand Venus Aquatics
Prinsip Bisnis Nicholas
Kurniawan
Inilah
Nicholas Kurniawan, sejak SMA sudah bisa menghasilkan uang Rp2-3 juta setiap
bulannya. Di usia 23 tahun, dia sudah meraup keuntungan ratusan juta dari
berbisnis ikan hias.
iapa sangka Nicholas Kurniawan adalah seorang
anak dari keluarga yang dulunya mengalami kesulitan ekonomi. Mungkin Anda semua
tidak mempercayainya, namun kenyataannya memanglah demikian. Nicholas Kurniawan
dibesarkan dari keluarga kurang mampu yang bahkan untuk membiayai sekolahnya
orang tuanya terpaksa mencari hutangan. Penghasilan yang pas-pasan dari kedua
orang tua Nicholas, dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pendidikan anaknya.
Perjuangan Nicholas Kurniawan sungguh sangat
berat sejak ia kecil. Nicho begitu ia akrab dipanggil, sering merasa kasihan
kepada kedua orang tuanya karena mereka sering dipermalukan karena besarnya
hutang yang mereka tanggung. Karena melihat hal itu sering terjadi, maka sejak
kecil Nicholas Kurniawan bertekad untuk menjadi orang yang sukses dan bisa
membanggakan kedua orang tuanya.
Akrab Dengan Kegagalan Sejak SD
Nicholas Kurniawan adalah sosok pekerja keras
dan tak kenal lelah sejak masih kecil. Ia bahkan sudah mulai berjualan sejak
usia 8 tahun, sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Tak hanya sekali
dua kali ia mengalami kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha. Namun ia tidak
pernah sekalipun mempunyai pikiran untuk berhenti dari berbisnis.
Meskipun masih di bangku Sekolah Dasar, namun
Nicholas Kurniawan sudah banyak mencoba memulai bisnis meskipun saat itu masih
dalam skala yang kecil. Ia pernah berjualan makanan dan minuman, namun tidak
berlangsung lama dan bisa dikatakan gagal.
Ia kemudian memulai lagi namun berganti
produk, kali ini ia menjual pakaian namun sama saja, ia mengalami kegagalan
juga di bisnis ini. Meskipun sering mengalami kegagalan, namun Nicho tidak mau
disebut gagal, ia lebih suka menyebutnya belum menemukan cara yang tepat untuk
mencapai kesuksesan.
Turning Point Bisnis Nicholas Kurniawan
Dari berbagai bidang usaha yang telah ia
jalani dan menemui jalan kegagalan, baru pada usia 17 tahun ia menemukan peluang
usaha yang sangat besar. Saat itu ia masih duduk di bangku
kelas 2 di SMA Kolese Kanisius. Ini berawal dari seorang temannya yang
memberikan sepaket ikan Garra Rufa yang biasanya digunakan untuk berbagai
terapi. Nah, karena ia merasa ikan tersebut tidak terlalu berguna baginya, ia
pun iseng mencoba menjualnya di Forum Jual-Beli di Kaskus.
Tanpa
ia kira sebelumnya, ternyata peminat ikan Garra Rufa yang ia post di Kaskus
sangat banyak sekali. Hanya dalam hitungan jam, ikan yang ia tawarkan berhasil
terjual dan masih banyak orang yang menawarnya. Melihat dari respon luar biasa
dari pembeli, ia kemudian mempelajari lebih dalam tentang ikan ini. Kemudian ia
tidak lupa bertanya pada temannya dari mana ia mendapatkan ikan tersebut. Dari
situ ia mendapatkan supplier untuk ikan Garra Rufa yang ia jual kembali secara
online melalui #Kaskus.
Perkembangan Bisnis dan
Lahirnya Brand Venus Aquatics
Dari mengelola bisnis jual beli ikan Garra
Rufa, Nicho mampu menghasilkan 2-3 juta rupiah perbulan. Kemudian bisnisnya
semakin berkembang tidak hanya fokus pada satu jenis ikan saja, namun merambah
pada segala jenis ikan hias.
Berbekal ilmu yang ia dapat dari pekuliahan,
ia kemudian mengembangkan bisnisnya dan membangun sebuah brand dengan nama
Venus Aquatics. Dari brand yang ia bangun ini, ia mampu memperoleh pemasukan
ratusan juta rupiah tiap bulannya. Dan ia mampu menjual ikan hias ke berbagai
daerah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.
Meskipun
dari aktivitas bisnis melalui brand yang ia kembangkan sudah berhasil
mendapatkan pemasukan yang besar, namun Nicho tidak ingin berhenti sampai di
situ saja. Bersama dengan teman kampusnya, ia ingin menularkan virus kesuksesan
dalam berbisnis pada adik-adik SMA nya melalui Synergy Entrepreneur Academy.
Synergy Entrepreneur Academy adalah suatu konsep inisiasi untuk memberikan
workshop startup bisnis bagi para siswa SMA. Dari sini Nicho Kurniawan
berharap mampu mencetak 5 juta pengusaha baru.
Prinsip Bisnis Nicholas
Kurniawan
Dalam menjalankan sebuah bisnis, ia
menekankan bahwa ia selalu memgang nilai perseverance atau kegigihan.
Tanpa itu, rasanya sangat sulit untuk
mendapatkan kesuksesan dalam berbisnis. Dalam perjalanan sebuah bisnis, pasti
ada kalanya musibah datang. Ia sendiri pernah bercerita bahwa pernah ditipu
oleh rekannya sendiri senilai 30 juta pada saat mengembangkan bisnisnya. Namun
dengan kegigihan yang ia miliki, ia mampu bangkit dan bahkan kini memiliki aset
yang lebih besar.
Source :
Maxmanroe.com
Share Artikel :
Post a Comment