Pengusaha Indonesia.Apk

Prihandono, Peternak Kroto Yang Sukses Tanpa Modal


Pengusaha Indonesia 'Mari Berdikari Di Negeri Sendiri'
Hai P.I Lovers Selamat membaca, Salam Sukses !

Inilah peluang usaha yang menjanjikan dijalankan di wilayah pedesaan yaitu bisnis kroto. Sebagian orang mengenal kroto sebagai makanan burung. Kroto merupakan telur semut. Semut yang sering kita anggap sebagai binatang pengganggu ternyata bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar. Hal ini diakui oleh pria bernama Prihandono yang sukses beternak kroto secara rumahan.
Pria yang berasal dari daerah Jombang Propinsi Jawa Timur ini sukses dalam budidaya semut rangrang. Yang kemudian semut tersebut menghasilkan kroto atau telur. Lalu telur semut dijual ke pasaran. Omset ternak kroto perbulan sebesar Rp 4 juta. Penghasilan yang lumayan besar dari bisnis sampingan budidaya telur kroto yang dijalani Prihandono.

Kisah Peternak Kroto Sukses Tanpa Modal 
Lelaku berusia 45 tahun ini tersenyum gembira menyaksikan untung besar dari bisnis kroto. Ia telah merangkai cerita sukses seorang peternak semut rangrang. Ternyata bukan hanya kambing, domba, sapi dll yang dapat diternakkan dengan keuntungan besar. Binatang kecil seperti semut dapat diternakkan dengan omzet sampai jutaan perbulan.
Beragam jenis semut di dunia ini. Dari jenis semut kecil hingga semut besar. Bahkan penelitian menemukan fakta bahwa jumlah semut lebih banyak ketimbang populasi manusia di muka bumi. Jumlah semut mencapai ratusan milyaran. Sehingga disebut binatang yang paling banyak jumlahnya di dunia. Adapun semut yang diternakkan oleh pria kalem ini jenis semut rangrang yang sangat sakit apabila tangan kita digigitnya.
Rincian Modal Usaha Beternak Semut Rangrang (Kroto)
Lalu langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar peternak semut rangrang pemula bisa sukses seperti Prihandono? bagaimana cara beternak semut rangrang sehingga mempercepat telur rangrang bertelur? Dengan tenang, pria yang murah senyum ini menjawab bahwa untuk membuka usaha budidaya kroto seseorang harus mempersiapkan modal usaha yaitu kandang atau rumah bagi semut berupa botol plastik bekas air minum mineral. Agar para semut betah tinggal di dalamnya dan tidak kabur. Bisa juga menggunakan toples.
Modal usaha berikutnya yaitu minuman dan makanan bagi semut yang harus diberikan secara teratur. Dengan demikian semut tumbuh dan berkembang biak serta mampu menghasilkan telur atau kroto dalam jumlah banyak. Pastikan suhu dalam rumah semut rangrang tidak terlalu panas. Jika suhu panas bisa mengakibatkan semut mati. Oleh karenanya, apabila suhu terlalu panas dalam kandang maka anda harus menyemprotkan air embun supaya lebih dingin.
Tips Sukses Usaha Ternak Kroto
Kunci sukses beternak semut rangrang yang dijalani Prihandono adalah tekun, sabar, ulet, rajin, disiplin dan pantang menyerah. Dengan semua sikap positif inilah ia mampu menghasilkan uang sampai satu juta rupiah perminggu. Kalau dikalikan sebulan maka pendapatan bersih dari usaha ternak kroto sebesar Rp 4 juta perbulan.
Prospek usaha budidaya semut rangrang (kroto) sangat menjanjikan saat ini. Apalagi harga 1 kg kroto sebesar Rp 150 ribu. Serta permintaan telur kroto semakin tinggi beberapa hari terakhir ini sebagai bahan makanan menyehatkan bagi burung.
Sebelum menekuni bisnis kroto, pria yang ramah ini pernah menjalankan usaha budidaya kambing. Namun  setelah membuka usaha ternak kambing ternyata tidak menguntungkan. Dirinya selalu rugi apalagi harga pakan kambing selalu naik dan mahal. Oleh karenanya, ia pindah usaha untuk mulai berbisnis ternak telur semut rangrang yang berhasil sampai saat ini.
Sementara itu, bahan makanan bagi semut rangrang adalah jangkrik. Untuk minumannya adalah gula. Jika ditotal estimasi pengeluaran untuk membeli bahan makanan, nutrisi, vitamin, obat-obatan  dan minuman sebesar Rp 30 ribu. Pengeluaran yang sangat murah berbanding terbalik dengan pendapatan yang didapat dari beternak semut rangrang yang mencapai Rp 4 juta perbulan. Bahkan bisa dikatakan usaha beternak semut rangrang tanpa modal. Karena jangkrik mudah didapatkan di alam liar secara gratis. Selamat mencoba guys..

Source :
Bisnisi.com


Share Artikel :

Tidak ada komentar