Pengusaha Indonesia.Apk

Petani Cabai Malaysia Dan Thailand Lebih Maju dibandingkan Indonesia, What ?


Pengusaha Indonesia 'Mari Berdikari Di Negeri Sendiri'
Hai P.I Lovers Selamat membaca, Salam Sukses !

Dibandingkan Indonesia, para petani cabai di negara tetangga lebih maju dan sejahtera. 


Menurut Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) di kawasan ASEAN saja, petani cabai Indonesia masih kalah bersaing dari Malaysia dan Thailand, dalam hal tersedianya infrastruktur.


"Pertanian cabai di Thailand dan Malaysia sudah banyak yang menggunakan sistem modern, lebih maju dan petaninya juga lebih sejahtera dibandingkan kita," ungkap Ketua Bidang Hortikultura HKTI Benny Kusbini.



Caranya cukup mudah, kedua negara tersebut mengembangkan sistem pertanian cabai skala modern dengan teknik sederhana. Caranya pemerintah Malaysia dan Thailand memberikan subsidi besar kepada sektor pertanian. Subsidi tidak hanya dilakukan untuk pemberian pupuk dan benih tetapi infrastruktur pendukung pertanian lainnya.


"Pemerintahnya menyediakan mesin pengering gratis, gudang yang dilengkapi lemari berpendingin sehingga industri cabai tercipta. Lalu membuat sistem rantai pasok penjualan cabai. Itu semua sudah dilakukan di sana," tuturnya.

Sedangkan untuk kondisi di Indonesia sebaliknya, para petani bingung jika memasuki masa panen raya karena pasokan berlebih, harga jatuh dan petani merugi. Oleh karena itu, sistem yang dilakukan di Malaysia dan Thailand juga bisa dikembangkan di Indonesia.

"Butuh anggaran yang tidak banyak hanya Rp 3 triliun untuk melakukan sistem ini. Makanya pemerintah jangan ragu untuk subsidi 10% saja dialokasikan untuk ini maka petani cabai kita dijamin tidak menderita," cetusnya.

Mudah - mudahan kedepannya pemerintah dapat membantu infrastruktur untuk petani cabai agar bisa lebih makmur seperti negara tetangga.





Source :


Finance.detik.com



Share Artikel :

Tidak ada komentar