Pengusaha Indonesia.Apk

Begini Cara Berternak Di Lahan Sempit


Pengusaha Indonesia 'Mari Berdikari Di Negeri Sendiri'
Hai P.I Lovers Selamat membaca, Salam Sukses !

Ternak Di Lahan Sempit Inilah Caranya – Anggapan banyak orang bahwa jika ingin memulai usaha ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat membutuhkan lahan yang luas. Anggapan tersebut keliru. Penulis merasakannya. Ada beberapa jenis usaha peternakan hewan yang bisa dilakukan di lahan terbatas atau sempit.
Inilah peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk dijalankan di kota apalagi di desa. Sebuah peluang bisnis yang tak memerlukan lahan luas. Namun potensi keuntungan lumayan besar. Jenis usaha ini hanya diketahui segelintir orang. Padahal prospek usaha menguntungkan sekali. Dengan pangsa pasar luas dan penjualan mudah. Hal ini dibuktikan oleh penulis. Akan tetapi untuk sukses dalam usaha ternak hewan ini dibutuhkan ketelatenan, kerja keras dan ketelitian serta kesabaran yang tinggi.
Ternak Di Lahan Sempit Inilah Caranya
Mungkin anda penasaran usaha ternak apa yang bisa dilakukan di lahan sempit? Tanpa banyak kata lagi, inilah ternak hewan yang menguntungkan dalam waktu singkat beserta caranya di lahan yang terbatas, antara lain :
Ternak Lele
Anda tentu sudah mengenal yang namanya ikan lele. Ikan jenis ini menjadi pilihan favorit bagi peternak ikan di Indonesia. Karena mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan lahan yang luas. Dengan lahan sempit di sekitar rumah, anda sudah bisa menjalankan usaha budidaya lele di lahan terbatas tersebut. Caranya dengan menggunakan kolam terpal plastik. Bahkan bisa dilakukan di teras rumah kalau mau dan mendesak.
Di pekarangan rumah anda bisa membuat kolam ikan lele dari terpal plastik. Terpal plastik sendiri bisa anda beli di toko yang khusus menjual terpal plastik dengan harga terjangkau. Terpal plastik disusun sedemikian rupa menyerupai kolam ikan di halaman rumah. Kemudian diberi air dan masukkan ikan lele. Bagaimana mudah bukan, usaha ternak lele di lahan sempit yakni menggunakan kolam terpal plastik? Kolam ikan lele dari bahan terpal plastik juga mempunyai kelebihan dimana ia bisa dipindahkan. Dan pada saat panen mudah dipanen.
Ternak Belut
Usaha ternak selanjutnya yang bisa dilakukan di lahan sempit adalah beternak belut. Untuk beternak belut bisa dilakukan menggunakan drum bekas. Adapun pakan belut bisa menggunakan dedak, cacing, keong dll. Peluang usaha ternak belut sangat menjanjikan dan terbuka luas. Di daerah penulis ada banyak orang yang memburu belut di pesawahan. Mereka tidak membuka usaha ternak belut dalam drum. Kalau mengetahui cara ternak belut dalam drum dipastikan keuntungan semakin berlipat. Untuk mengetahui cara ternak belut di dalam drum bisa searching di google.
Jadi sekarang tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak memulai usaha ternak hewan dikarenakan hanya memiliki lahan yang sempit. Dengan lahan sempit dan terbatas seseorang bisa melakukan usaha ternak lele dan ternak belut serta masih banyak usaha ternak lainnya yang bisa dikerjakan dengan lahan sempit.


Source :


Bisnisi.com


Share Artikel :

Tidak ada komentar